Friday, July 28, 2023

Inilah Tips Perjalanan Aman Bagi Solo Traveler

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Bagi solo traveler, sebelum bepergian wajib memperhatikan apa saja tips perjalanan yang aman. Solo traveler berarti seseorang yang bepergian tidak bersama partner. Bisa dalam rangka perjalanan wisata, bisnis, dan sebagainya.

Inilah Tips Perjalanan Aman Bagi Solo Traveler
Biasanya untuk keperluan wisata-lah yang paling sering dilakukan para solo traveler. Baik itu ke luar negeri, bahkan wisata ke daerah-daerah yang tergolong dekat. Baik bepergian ke dalam hingga luar negeri, solo traveler wajib memerhatikan beberapa tips berikut.

Ragam Tips Perjalanan Agar Solo Traveling Tetap Aman

Bepergian seorang diri memang lebih bebas, tetapi risiko keamanannya tentu mengintai. Agar bisa meminimalisir hal-hal tidak terduga, siapkan perjalanan dengan beberapa tips ini.

1. Harus Memiliki Travel Itinerary

Travel itinerary atau rencana perjalanan adalah hal wajib yang harus disiapkan sebelum bepergian. Mulai dari transportasi yang digunakan, hotel untuk menginap, sampai destinasi kunjungannya.

Rencana perjalanan sangat membantu agar Anda tidak bingung ketika sampai di tempat tujuan. Tulis rencana secara detail, bahkan sampai estimasi biaya dan waktu kunjungan. Anda bisa menuliskannya di buku catatan atau memakai fitur aplikasi smartphone.

2. Pastikan Keamanan Akomodasi

Membuat travel itinerary sangat penting dalam sebuah tips perjalanan. Anda serasa dipandu dengan rencana tersebut, sekaligus bisa tahu estimasi biayanya. Selain itu, sebelum membuat itinerary, pasti ada riset seputar akomodasi.

Mulai dari penginapan, jenis destinasi, tempat makan, hingga transportasi. Pastikan dalam melakukan riset tersebut keamanan akomodasi terjamin. Anda bisa cek review berbagai akomodasi secara daring. Bisa dengan melihat bagaimana ulasan dari para pengunjung sebelumnya. Masalah keamanan memang yang paling utama diperhatikan, walau solo traveling hanya di dalam negeri.

3. Siapkan Aneka Dokumen Penting

Baik itu perjalanan ke dalam hingga luar negeri, dokumen wajib disiapkan. Jika Anda ingin solo traveling ke dalam negeri, jangan lupa bawa KTP dan tiket perjalanan (apabila memakai transportasi umum).

Sedangkan jika ke luar negeri, sudah pasti paspor harus disiapkan selain tiket pesawat. Jangan lupa urus visa dan berbagai kelengkapan lainnya. Seperti misalnya jika ingin ke Belanda, pengurusan visa sedikit lebih rumit karena harus menyertakan salinan buku tabungan.

Cek ulang semua dokumen yang diperlukan selama bepergian. Pastikan disimpan di tempat aman agar tidak terjadi kehilangan.

4. Persiapkan Uang Cash

Jangan hanya mengandalkan kartu ATM untuk akses keuangan selama solo traveling. Tips perjalanan berikutnya adalah dengan selalu sedia uang cash. Tidak semua tempat menyediakan sarana pembayaran menggunakan kartu.

Terlebih jika destinasi bepergian Anda ke daerah yang jauh dari kota. Uang cash akan menolong di saat-saat darurat. Jika Anda bepergian ke luar negeri, juga demikian, tetapi sudah ditukarkan dengan mata uang setempat.

5. Manfaatkan Teknologi

Perjalanan Anda akan semakin mudah walau dilakukan seorang diri dengan adanya teknologi. Memesan kamar, tiket transportasi, dan sebagainya sudah bisa melalui smartphone. Pastikan memesan segala akomodasi jauh-jauh hari, jangan on the spot karena berisiko.

Seperti kehabisan sarana, harga yang sengaja dinaikkan, hingga potensi scam lainnya. Selain itu, jika memungkinkan gunakan smarrtphone untuk media pembayaran cashless. Hal ini berlaku apabila perjalanan Anda dilakukan di kota-kota besar.

6. Jangan Terlihat Bingung dan Canggung

Tips perjalanan berikutnya juga penting dimana Anda jangan sampai tampak kebingungan. Misal tersesat ke daerah tertentu, sebaiknya beristirahat di tempat ramai. Seperti misalnya warung makan, kemudian tanyakan arah ke penduduk lokal.

Pastikan jangan terlihat kebingungan karena Anda akan dianggap mudah ditipu. Anda bisa riset tempat yang akan dituju sehingga ada bekal informasi. Pastikan juga Anda tidak tampak canggung tetapi masih tetap menjaga etika.

Misalnya jika hendak mencicipi kuliner setempat, jangan canggung menanyakan harga. Jika ragu dengan komposisi makanan, tanyakan secara sopan kepada penjualnya. Tentu menjaga etika tetap penting, tetapi jangan sampai tampak terlalu sungkan.

Kesimpulannya, solo traveling sebenarnya menyenangkan tetapi harus memerhatikan persiapannya. Tips perjalanan yang aman, minim risiko harus menjadi bekal informasi untuk diketahui.

0 komentar

Post a Comment