Wednesday, July 19, 2023

Ini Dia Tips Perjalanan Wisata ke Dieng Saat Musim Hujan

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Mengunjungi dataran tinggi Dieng saat musim penghujan memang perlu tips perjalanan khusus. Bulan Desember merupakan salah satu momen kunjungan ke Dieng paling sering. Libur akhir tahun menjadi alasan kuat mengapa wisatawan membludak di bulan tersebut.

Ini Dia Tips Perjalanan Wisata ke Dieng Saat Musim Hujan
Padahal di bulan Desember merupakan saat dimana curah hujan Dieng sedang tinggi. Walau di musim penghujan, perjalanan wisata Anda tetaplah menyenangkan. Ini dia beberapa tipsnya yang harus Anda persiapkan jika ingin ke Dieng saat musim penghujan.

Berbagai Tips Perjalanan Wisata ke Dieng Ketika Musim Hujan

Liburan Anda tetaplah menyenangkan meski kawasan Dieng dilanda curah hujan tinggi. Tips berikut ini harus dipersiapkan untuk menghadapi musim penghujan saat wisata ke daerah satu ini.

1. Bawa Payung/Mantel

Payung merupakan sarana penting agar Anda dan keluarga tetap bisa jalan-jalan di tempat wisata, walau cuaca gerimis. Misalnya jalan-jalan ke Kawah Sikidang tetap menyenangkan walau hujan, dengan catatan intensitasnya sedang.

Jika intensitas hujan sedang tinggi, memilih berdiam di homestay merupakan pilihan utama. Selain payung, mantel juga bisa Anda pilih untuk menghalau hujan saat perjalanan.

2. Pilih Wisata Indoor

Tips perjalanan wisata ke Dieng ketika musim hujan berikutnya adalah dengan memilih wisata indoor. Banyak contohnya seperti Pleteau Theather hingga staycation beberapa saat. Untuk staycation, sebenarnya sudah banyak homestay yang nyaman untuk disewa.

Penginapan yang ada di kawasan ini juga mayoritas sudah didesain secara modern. Bahkan full fasilitas yang rata-rata dibandrol dengan harga miring.

3. Cek Potensi Bencana

Salah satu potensi bencana paling sering terjadi di dataran tinggi adalah tanah longsor. Apalagi jika musim hujan tiba, potensi tanah longsor lebih besar. Oleh karena itu, selalu update berita terkini di sekitar Dieng.

Jika Anda datang di akhir tahun, biasanya intensitas hujan tidak setinggi bulan sebelumnya. Walau demikian, cek keadaan terbaru Dieng terlebih dahulu sebelum bepergian.

4. Istirahat Sejenak Ketika Kabut

Kabut di kawasan Dieng dan sekitarnya memang tergolong tebal di waktu-waktu tertentu. Seperti di awal pagi, malam, hingga saat hujan. Sebenarnya kabut merupakan pemandangan indah yang jarang dijumpai di perkotaan.

Walau demikian, jika kabut dirasa terlalu tebal dan menghalangi jarak panjang jangan nekat menerobosnya. Terlebih jika Anda sedang dalam perjalanan, lebih baik menepi sejenak. Jalanan menuju Dieng tipenya berkelok sehingga akan lebih sulit jika diselimuti kabut.

5. Berkunjung Pagi Hari

Kawasan Dieng dan sekitarnya memiliki pola hujan yang cukup unik. Biasanya hujan turun ketika sore hingga malam hari. Sementara pagi hari cuacanya tergolong cerah walau sedikit tertutup kabut.

Oleh karena itu, sebaiknya berkunjung di pagi hari untuk antisipasi hal tersebut. Selain itu, Anda juga lebih puas berkeliling, mulai dari Telaga Warna, Telaga Penjalin, Bukit Ratapan Angin, sampai Kawah Sikidang.

6. Pilih Tempat yang Mudah Dijangkau

Ada banyak pilihan tempat wisata di kawasan Dieng mulai dari Kawah Sikidang yang terdekat, hingga Bukit Sikunir. Tips perjalanan wisata saat musim penghujan berikutnya adalah dengan memerhatikan kondisi.

Jangan memaksakan mengunjungi tempat yang jauh dan medannya ekstrem, seperti bukit Sikunir misalnya. Lebih baik kunjungi kawasan yang medannya masih sedikit rata. Contohnya Telaga Pengilon, Telaga Warna, sampai daerah Sikidang.

7. Pastikan Kendaraan Tidak Bermasalah

Jika Anda memutuskan ke Dieng dengan kendaraan pribadi, pastikan kondisinya optimal. Terutama bagian rem karena kontur jalanan menuju Dieng sangat berliku. Terlebih jika Anda melewati area desa Tieng hingga Parikesit dimana butuh skill ekstra untuk mengemudi.

Cek rem, oli, hingga peforma mesin sebelum perjalanan. Pastikan driver memang sudah terbiasa melewati jalanan tipe pegunungan seperti Dieng dan sekitarnya.

Kesimpulannya, berwisata ke Dieng tetaplah menyenangkan meski di waktu penghujan. Secara suhu juga tidak begitu dingin layaknya puncak kemarau. Paling penting, persiapkan secara matang dengan tips perjalanan yang sudah dibahas di atas.

0 komentar

Post a Comment