Sunday, June 16, 2024

5 Kiat Mapan Finansial untuk Gen Z agar Bisa Sukses di Usia Muda

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Get Link
Congrats! Link is Generated

Gen Zoomer atau yang lebih dikenal dengan Gen Z merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang lahir antara tahun 1997 hingga tahun 2012. Mengenai kelompok ini, banyak ahli keuangan yang berpendapat bahwa sebagian besar Gen Z tidak mampu mengelola keuangan dengan baik dan cenderung boros. Meski begitu, tidak semua Gen Z seperti itu. Karena dengan mengikuti kiat mapan finansial untuk Gen Z, tak mustahil jika Gen Z bisa sukses di usia muda.

5 Kiat Mapan Finansial untuk Gen Z
5 Kiat Mapan Finansial untuk Gen Z

Dahulukan Kebutuhan Pokok

Saat Anda mendapatkan gaji, Anda perlu mendahulukan kebutuhan-kebutuhan pokok. Misalnya biaya untuk makan, transport, bayar kost atau kontrakan, listrik dan sejumlah tagihan pokok lainnya. Termasuk BPJS, PPh jika perusahaan tidak membayar secara langsung, cicilan kendaraan, dan yang lainnya.

Minimalisir Sejumlah Cicilan

Banyak kaum Gen Z yang tergiur untuk melakukan pembelian barang secara kredit karena menganggap bahwa hal itu merupakan pilihan yang tepat untuk memiliki barang secara cepat. Belum lagi dengan pembayaran angsuran/cicilan yang bisa dipotong dari gaji, memungkinkan Gen Z banyak yang memilih untuk membeli barang secara kredit. Seperti kendaraan, gadget, laptop, dan semacamnya.

Meski begitu, Anda perlu memikirkan dampak ke depannya. Dalam arti semakin banyak Anda melakukan pembelian barang secara kredit, maka semakin besar total kewajiban angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Pastikan Anda melakukan pembelian secara kredit untuk barang-barang yang Anda butuhkan saja, dan bukan barang-barang yang identik dengan gaya hidup, seperti membeli gadget, jam tangan mahal, tas branded, yang dirasa tidak perlu, dan bisa Anda akali dengan membelinya dengan harga yang lebih murah.

Biasakan untuk Menabung

Berapapun besaran gaji yang Anda terima, usahakan untuk menyisihkan sebagian kecil dari gaji tersebut untuk ditabung. Dengan melakukan kiat mapan finansial untuk Gen Z melalui tabungan ini, tanpa Anda sadari, Anda telah membangun fondasi yang cukup secara finansial di masa depan. Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk modal investasi maupun dana pensiun yang bisa Anda siapkan dari sekarang.

Siapkan Dana Darurat

Tak hanya Anda saja, hampir semua orang pastinya tidak menghendaki sesuatu yang buruk terjadi. Namun demikian, Anda tetap harus berjaga-jaga akan kemungkinan hal yang buruk yang mungkin saja akan menimpa Anda. Misalnya saat Anda tiba-tiba jatuh sakit, mengalami kecelakaan, dipecat dari perusahaan ataupun mengalami kebangkrutan dalam usaha/bisnis.

Salah satu kiat mapan finansial untuk Gen Z yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi semua kemungkinan buruk tersebut yakni dengan menyiapkan dana darurat. Namun perlu diingat, dan darurat tidaklah sama dengan tabungan. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan rekening terpisah antara rekening tabungan dengan rekening untuk dana darurat.

Mulailah Berinvestasi

Kiat lainnya yang bisa Anda lakukan agar mapan secara finansial yakni dengan memulai untuk berinvestasi. Anda tak perlu memulainya dengan modal yang besar. Karena di masa ini, tak sedikit layanan investasi yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Seperti reksadana, investasi emas antam, investasi kurs mata uang asing, dan yang lainnya.

Lakukan Bisnis Kecil-Kecilan

Pastinya Anda pernah mendengar mengenai orang-orang sukses yang memulai bisnis secara kecil-kecilan? Dimana dengan ketekunan dan kegigihan yang dimilikinya, bisnis yang dijalankan tersebut menjadi berkembang hingga akhirnya menjadi besar?

Anda bisa meniru orang-orang sukses tersebut. Mulailah untuk berbisnis secara kecil-kecilan. Entah itu bisnis makanan dan minuman, fashion, aksesoris, dan semacamnya, yang bisa menambah penghasilan. Jika saat ini Anda masih bekerja dan tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola bisnis tersebut, Anda bisa menjalin kerjasama dengan para UMKM dengan menanamkan modal (investasi) dengan prinsip saling menguntungkan.

Meskipun memang masih banyak yang beranggapan bahwa Gen Z merupakan generasi boros dan tak pandai mengelola keuangan. Namun Anda bisa membuktikan pada mereka bahwa pendapat tersebut keliru dan Anda bisa menjadi orang sukses di usia muda. Tentunya dengan melakukan kiat mapan finansial untuk Gen Z yang telah dsebutkan di atas.

Sumber:
https://sumateradaily.com/gen-z-perlu-tau-inilah-tip-sukses-menduplikasi-kebiasaan-orang-sukses/

0 komentar

Post a Comment